STRATEGI MEMBANGUN BISNIS UKM
Strategi Membangun Bisnis UKM Usaha Kecil dan Menengah
Strategi UKM berbeda dengan strategi yang diterapkan untuk bisnis skala besar. Hal ini dilihat dari faktor biaya operasional dan skala produk yang di jalankan. Untuk itu, perlu kiat – kiat yang unik agar usaha UKM Anda mampu berkembang dengan pesat.
Lewat
dorongan pemerintah, bisnis UKM memang terus mengalami pertumbuhan. Apalagi
didukung oleh persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi, membuat
bisnis UKM memiliki potensi menjanjikan untuk terus dikembangkan.
Ternyata
UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang ada sekarang ini menyumbang sekitar 60%
Produk Domestik Bruto. Selain itu, usaha kecil menengah juga mampu memberikan
pekerjaan bagi masyarakat yang ada disekitar lokasi bisnis.
Untuk
mencapai target pemasaran yang diinginkan, berikut ini ada beberapa gambaran
strategi yang bisa Anda terapkan.
1.
Beri nilai tambah pada produk
Agar mampu bersaing dengan kompetitor, maka berikan
sesuatu yang lebih pada produk Anda dibanding produk kompetitor. Dengan tujuan
meningkatkan desire ( keinginan konsumen) untuk membeli produk yang Anda
tawarkan.
Langkah ini biasanya disebut sebagai inovasi bisnis.
Anda bisa mencari cara terbaik agar bisnis UKM yang Anda jalankan lebih
inovatif. Cari referensi sebanyak mungkin supaya langkah yang diambil tepat.
Perhatikan perubahan yang terjadi di masyarakat
terkait produk Anda. Cari sesuatu yang sedang menjadi trend, apakah dari segi
warna, bentuk, tokoh dll. Temukan sesuatu yang bisa membuat produk Anda
kecipratan trend yang ada.
2.
Tingkatkan Merk/Brand Awareness
Brand memegang peranan yang sangat penting bagi
kemajuan bisnis Anda untuk jangka panjang. Ketika merek produk sudah lekat di
ingatan masyarakat, maka langkah pemasaran dan penambahan jenis produk baru
menjadi semakin mudah.
Brand awareness bisa ditingkatkan dengan cara :
Promosi iklan sesuai perencanaan budget. *Perlu bijak agar keuangan usaha Anda sehat.
Buat nama brand yang mudah untuk diingat
Buat logo yang menarik
Desain label produk dengan komposisi yang menarik
Selain langkah meningkatkan brand awarenes, perlu juga
untuk menjaga nama baik brand dengan cara :
Jaga kualitas produk Anda dari waktu ke waktu dengan
teliti.
Berikan layanan Customer Service sesuai dengan bidang
bisnis jika diperlukan.
Berikan garansi dan lain sebagainya
Coba Anda perhatikan merk terkenal yang ada saat ini,
sebagai contoh produk smartphone samsung, siapa yang tak kenal dengan pabrikan
tersebut. Apapun produk yang mereka luncurkan, konsumen dengan mudah mengetahui
kualitas produk mereka.
Dari contoh brand popular yang ada, kita bisa
mengambil kesimpulan bahwa, brand merupakan aset yang sangat berharga.
3.
Pembukuan yang detail
Agar bisnis Anda bertahan lama dan terus mengalami
peningkatan, jangan sekali – kali Anda remehkan pembukuan. Pembukuan sangat
penting yang bertujuan untuk mencatat semua detail perkembangan bisnis Anda.
Tak peduli usaha Anda Skala besar atau UKM.
Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan
ketika membuat pembukuan untuk sebuah bisnis.
- Mengumpulkan data tentang catatan yang diperlukan. Seperti surat perjanjian, kwitansi dll.
- Mencatat secara detail semua transaksi, atau disebut jurnal transaksi.
- Memindahkan catatan jurnal transaksi ke buku besar.
- Membuat laporan
Semua pembukuan dalam bisnis bertujuan agar kita bisa
menganalisa dan membuat rencana dimasa yang akan datang. Bahkan, warung kecil
sembako saja membutuhkan pembukuan agar semua cash flow tercatat dengan baik.
Memang terlihat rumit, akan tetapi jika sudah
terbiasa, semua itu bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu membiasakan
diri demi kebaikan bisnis yang sedang Anda jalankan.
4.
Perhatikan konsumen Anda
Semua kegiatan promosi atau penjualan tentu berkaitan
erat dengan perilaku konsumen. Nah agar Anda benar – benar bisa menguasai
pasar, pahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen.
Untuk mengetahui tentang hal ini, Anda bisa mencermati
apapun pendapat mereka lewat media sosial, gosip dan pembicaraan di masyarakat.
Semua itu bisa Anda jadikan data untuk langkah inovasi agar produk Anda bisa
memenangkan persaingan yang sehat di market. Berikan pelayanan dan service terbaik agar Anda mampu
memenangkan hati konsumen.
Ada 4 tahapan yang sering di ungkapkan oleh para
marketer, mereka mengenal dengan sebutan AIDA.
Awarness : Kenal, mengetahui, atau akrab terhadap
sebuah merek atau produk.
Interest : Merasa tertarik
Desire : Keingian untuk mencoba atau untuk membeli
produk atau jasa
Action : Tindakan membeli produk atau jasa
5.
Gunakan teknologi jika diperlukan
Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi sangat
membantu kegiatan manusia. Untuk itu, perlu dilakukan analisa apakah usaha yang
sedang Anda jalankan membutuhkan bantuan beberapa peralatan teknologi.
Tujuannya agar operasional bisnis bisa berjalan dengan
efektif. Misalkan, apakah perlu peralatan mesin produksi atau memerlukan media internet
untuk pemasaran.
Itulah tadi beberapa aspek yang perlu kita perhatikan
ketika ingin membangun usaha kecil dan menengah agar menjadi semakin berkembang
dengan baik. Memang banyak strategi lain yang belum saya tulis pada artikel
ini. Jika ada tambahan ide, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini.
Terimakasih dan salam sukses selalu.