TIPS JUALAN DI TOKOPEDIA AGAR LARIS MANIS
Tips / Cara Sukses Jualan Di Tokopedia
![]() |
Tips sukses jualan di tokopedia. |
Jualan di Tokopedia – Berjualan
online saat ini sudah berbeda dengan masa lalu, jika di masih banyak orang yang
ragu dan takut untuk jualan online, sekarang dengan adanya banyak marketplace
membuat orang merasa aman dan nyaman bertransaksi.
Salah satu
marketplace yang banyak menjadi pusat perhatian orang adalah Tokopedia. Mungkin
Anda tahu tahun 2017 kemarin marketplace milik William Tanuwijaya ini
mendapatkan suntikan dana sebesar 14 Trilyun
Rupiah dari Alibaba Group. Hal ini membuat tokopedia semakin memiliki pengaruh
besar di jagat marketplace Indonesia.
Berjualan di
Tokopedia ini sangat berpotensi mendapatkan income yang besar. Karena
masyarakat Indonesia sudah terbiasa bertransaksi di dalam marketplace ini, yang
artinya marketnya sangat luas. Anda bisa menerapkan beberapa tips sukses jualan di Tokopedia yang akan saya share agar income/omset Anda melonjak pesat.
1. Buat Banyak Toko
Jika Anda belom
memiliki toko di tokopedia dan masih bingung cara membuatnya, saya sarankan
Anda Googling dulu step by step-nya. Karena yang saya share
disini adalah cara strategis jualan di tokopedia untuk meningkatkan income
Anda.
Jika Anda sudah bisa
membuat toko di tokopedia, buatlah minimal 3 toko di marketplace ini. Tujuannya
adalah agar produk Anda mudah ditemukan calon pembeli. Mungkin Anda pernah
jalan di ITC Fatmawati, banyak toko handphone disana, satu owner bisa memiliki
beberapa toko di tempat tersebut. Tujuannya? Agar mudah ditemukan pengunjung.
Strategi didunia
offline, bisa Anda terapkan juga di dunia online. Semakin banyak toko yang Anda
miliki maka semakin bagus hasilnya, tapi dengan catatan konsisten mengelolanya.
2. Bikin Penampilan Toko Lebih
Profesional
Khusus di tokopedia kita akan di fasilitasi
sebuah toko layaknya lapak berjualan di dunia nyata. Toko tersebutlah yang akan
menjadi identitas utama kita berjualan, maka tampilan toko ini tidak boleh di
buat sembarangan. Sebisa mungkin tampilan kita buat agar bisa meyakinkan dan
menarik calon konsumen untuk berbelanja di toko kita.
Salah satu caranya adalah dengan menampilkan
konsep toko yang sesuai dengan target pelanggan, kita bisa berkreasi dengan
memasang banner, logo yang memiliki ciri khas tersendiri. Serta penting juga untuk
menyertakan slogan, deskripsi, kontak, serta berbagai informasi atau catatan
yang meyakinkan. Dari sinilah awal mula pembeli akan menilai bagaimana reputasi
toko yang akan di pilihnya.
Tatanan toko juga akan bisa memudahkan calon
pembeli untuk mencari produk yang di butuhkan, ya.. karena di tokopedia penjual
pun di lengkapi dengan fitur etalase layaknya di sebuah toko nyata untuk
memajang produknya. Di sini serapih mungkin kita bisa tata produk agar jelas
dan memudahkan konsumen.
![]() |
Tips sukses jualan di tokopedia |
3. Rutin Upload Produk
Dalam satu hari
usahakan rutin upload 5 produk di toko Anda. Walaupun produknya sama, tidak
apa-apa asalkan gunakan judul dengan kata kunci yang tepat. Bisa Anda bayangkan
jika Anda memiliki 3 toko dan sehari upload 5 produk. Maka dalam sebulan total
produk yang ada dalam ketiga toko Anda adalah: (5 produk x 30 hari) x 3 toko =
450 produk yang pasti mudah ditemukan oleh calon pembeli Anda. Cara kedua
jualan di tokopedia ini harus Anda lakukan secara konsisten tanpa banyak
mengeluh.
Karena kendala
kebanyakan pebisnis pemula adalah malas dan banyak mengeluh, sehingga tidak
mengalami peningkatan income yang signifikan.
3. Kata Kunci itu Penting
Di dalam marketplace,
judul produk Anda memiliki peranan penting. Karena saat calon pembeli mencari
sesuatu di kolom search. Maka Tokopedia akan menampilkan produk yang memiliki
judul sesuai dengan yang mereka ketikkan.
Misalnya Anda menjual
“tumbler starbucks” apakah semua orang mencari produk tersebut dengan
mengetikan “tumbler starbucks” di kolom search?. Jawabannya adalah belum tentu!
Karena tidak semua orang tahu bahwa nama produknya adalah tumbler. Dengan
berbagai pengetahuan yang dimiliki calon pembeli Anda, bisa jadi mereka
mengetikan beberapa kata kunci seperti:
– Tempat Minum
Starbucks
– Botol Starbucks
– Termos Starbucks
– Starbucks Bottle
– Stainless Steel
Tumbler
– Dan lain sebagainya
Saat mereka
mengetikan beberapa kata kunci diatas, sedangkan judul produk Anda hanya
“tumbler starbucks”, maka bisa dipastikan produk Anda tidak akan muncul di
hasil pencarian mereka.
Jadi buatlah judul
yang bisa mengakomodasi semua kata kunci yang mungkin diketikan diatas.
Anda bisa membuatnya menjadi: “Tempat Minum Botol Termos Tumbler Starbucks”
Anda bisa membuatnya menjadi: “Tempat Minum Botol Termos Tumbler Starbucks”
Dengan kata kunci
tersebut, maka calon pembeli Anda akan lebih mudah menemukan produk Anda.
Apapun produk Anda silahkan riset terlebih dahulu kata kuncinya agar mudah
untuk ditemukan customer.
4. Interaksi dan Respon Cepat
Kepada Calon Pembeli
Jika di toko nyata interaksi dan respon
kepada pembeli ini tentunya akan terjadi secara langsung karena saling
bertatapan, sangat berbeda jika kita berjualan secara online yang interaksi ini
hanya bisa di lakukan melalui media perpesanan yang di sediakan. Maka respon
yang cepat kepada calon pembeli harus mutlak di lakukan, jika tidak pastinya
mereka akan berpaling ke penjual lainnya.
Di Tokopedia sebagai media kita berinteraksi
kepada pelanggan dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti adanya fitur
diskusi produk, ulasan dan pesan inbox. Selain itu kita pun bisa mencantumkan
info nomer kontak yang bisa di hubungi pelanggan. Dari berbagai media interaksi
tersebut, sebagai penjual yang baik wajib kita jawab berbagai pertanyaan dengan
cepat dan jelas agar tidak kehilangan pelanggan.
Dan yang penting lagi karena pada setiap
produk yang kita jajakan terdapat kolom ulasan dari pembeli yang pernah
memesan, maka reputasi kita sebagai penjual juga tercermin dari sini. Ulasan
positif dari pelanggan tentunya bisa menarik secara efektif calon pembeli
lainnya, sebaliknya ulasan negatif dapat berdampak buruk terhadap reputasi kita
sebagai penjual.