DomaiNesia

TIPS JUALAN DI TOKOPEDIA AGAR LARIS MANIS

Tips / Cara Sukses Jualan Di Tokopedia

tips sukses jualan di tokopedia
Tips sukses jualan di tokopedia.

Jualan di Tokopedia – Berjualan online saat ini sudah berbeda dengan masa lalu, jika di masih banyak orang yang ragu dan takut untuk jualan online, sekarang dengan adanya banyak marketplace membuat orang merasa aman dan nyaman bertransaksi.
Salah satu marketplace yang banyak menjadi pusat perhatian orang adalah Tokopedia. Mungkin Anda tahu tahun 2017 kemarin marketplace milik William Tanuwijaya ini mendapatkan suntikan dana sebesar 14 Trilyun Rupiah dari Alibaba Group. Hal ini membuat tokopedia semakin memiliki pengaruh besar di jagat marketplace Indonesia.

Berjualan di Tokopedia ini sangat berpotensi mendapatkan income yang besar. Karena masyarakat Indonesia sudah terbiasa bertransaksi di dalam marketplace ini, yang artinya marketnya sangat luas. Anda bisa menerapkan beberapa tips sukses jualan di Tokopedia yang akan saya share agar income/omset Anda melonjak pesat.

1. Buat Banyak Toko
Jika Anda belom memiliki toko di tokopedia dan masih bingung cara membuatnya, saya sarankan Anda Googling dulu step by step-nya. Karena yang saya share disini adalah cara strategis jualan di tokopedia untuk meningkatkan income Anda.
Jika Anda sudah bisa membuat toko di tokopedia, buatlah minimal 3 toko di marketplace ini. Tujuannya adalah agar produk Anda mudah ditemukan calon pembeli. Mungkin Anda pernah jalan di ITC Fatmawati, banyak toko handphone disana, satu owner bisa memiliki beberapa toko di tempat tersebut. Tujuannya? Agar mudah ditemukan pengunjung.
Strategi didunia offline, bisa Anda terapkan juga di dunia online. Semakin banyak toko yang Anda miliki maka semakin bagus hasilnya, tapi dengan catatan konsisten mengelolanya.

2. Bikin Penampilan Toko Lebih Profesional
Khusus di tokopedia kita akan di fasilitasi sebuah toko layaknya lapak berjualan di dunia nyata. Toko tersebutlah yang akan menjadi identitas utama kita berjualan, maka tampilan toko ini tidak boleh di buat sembarangan. Sebisa mungkin tampilan kita buat agar bisa meyakinkan dan menarik calon konsumen untuk berbelanja di toko kita.
Salah satu caranya adalah dengan menampilkan konsep toko yang sesuai dengan target pelanggan, kita bisa berkreasi dengan memasang banner, logo yang memiliki ciri khas tersendiri. Serta penting juga untuk menyertakan slogan, deskripsi, kontak, serta berbagai informasi atau catatan yang meyakinkan. Dari sinilah awal mula pembeli akan menilai bagaimana reputasi toko yang akan di pilihnya.
Tatanan toko juga akan bisa memudahkan calon pembeli untuk mencari produk yang di butuhkan, ya.. karena di tokopedia penjual pun di lengkapi dengan fitur etalase layaknya di sebuah toko nyata untuk memajang produknya. Di sini serapih mungkin kita bisa tata produk agar jelas dan memudahkan konsumen.

tips sukses jualan di tokopedia
Tips sukses jualan di tokopedia
3. Rutin Upload Produk
Dalam satu hari usahakan rutin upload 5 produk di toko Anda. Walaupun produknya sama, tidak apa-apa asalkan gunakan judul dengan kata kunci yang tepat. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki 3 toko dan sehari upload 5 produk. Maka dalam sebulan total produk yang ada dalam ketiga toko Anda adalah: (5 produk x 30 hari) x 3 toko = 450 produk yang pasti mudah ditemukan oleh calon pembeli Anda. Cara kedua jualan di tokopedia ini harus Anda lakukan secara konsisten tanpa banyak mengeluh.
Karena kendala kebanyakan pebisnis pemula adalah malas dan banyak mengeluh, sehingga tidak mengalami peningkatan income yang signifikan.

3. Kata Kunci itu Penting
Di dalam marketplace, judul produk Anda memiliki peranan penting. Karena saat calon pembeli mencari sesuatu di kolom search. Maka Tokopedia akan menampilkan produk yang memiliki judul sesuai dengan yang mereka ketikkan.
Misalnya Anda menjual “tumbler starbucks” apakah semua orang mencari produk tersebut dengan mengetikan “tumbler starbucks” di kolom search?. Jawabannya adalah belum tentu! Karena tidak semua orang tahu bahwa nama produknya adalah tumbler. Dengan berbagai pengetahuan yang dimiliki calon pembeli Anda, bisa jadi mereka mengetikan beberapa kata kunci seperti:
– Tempat Minum Starbucks
– Botol Starbucks
– Termos Starbucks
– Starbucks Bottle
– Stainless Steel Tumbler
– Dan lain sebagainya
Saat mereka mengetikan beberapa kata kunci diatas, sedangkan judul produk Anda hanya “tumbler starbucks”, maka bisa dipastikan produk Anda tidak akan muncul di hasil pencarian mereka.
Jadi buatlah judul yang bisa mengakomodasi semua kata kunci yang mungkin diketikan diatas.
Anda bisa membuatnya menjadi: “Tempat Minum Botol Termos Tumbler Starbucks”
Dengan kata kunci tersebut, maka calon pembeli Anda akan lebih mudah menemukan produk Anda. Apapun produk Anda silahkan riset terlebih dahulu kata kuncinya agar mudah untuk ditemukan customer.

4. Interaksi dan Respon Cepat Kepada Calon Pembeli
Jika di toko nyata interaksi dan respon kepada pembeli ini tentunya akan terjadi secara langsung karena saling bertatapan, sangat berbeda jika kita berjualan secara online yang interaksi ini hanya bisa di lakukan melalui media perpesanan yang di sediakan. Maka respon yang cepat kepada calon pembeli harus mutlak di lakukan, jika tidak pastinya mereka akan berpaling ke penjual lainnya.
Di Tokopedia sebagai media kita berinteraksi kepada pelanggan dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti adanya fitur diskusi produk, ulasan dan pesan inbox. Selain itu kita pun bisa mencantumkan info nomer kontak yang bisa di hubungi pelanggan. Dari berbagai media interaksi tersebut, sebagai penjual yang baik wajib kita jawab berbagai pertanyaan dengan cepat dan jelas agar tidak kehilangan pelanggan.
Dan yang penting lagi karena pada setiap produk yang kita jajakan terdapat kolom ulasan dari pembeli yang pernah memesan, maka reputasi kita sebagai penjual juga tercermin dari sini. Ulasan positif dari pelanggan tentunya bisa menarik secara efektif calon pembeli lainnya, sebaliknya ulasan negatif dapat berdampak buruk terhadap reputasi kita sebagai penjual.

Diberdayakan oleh Blogger.